Terdampak Jembatan yang Roboh di Brebes, KAI Daop 6 Ubah Rute Perjalanan

Terdampak Jembatan yang Roboh di Brebes, KAI Daop 6 Ubah Rute Perjalanan

Terdampak Jembatan yang Roboh di Brebes, KAI Daop 6 Ubah Rute Perjalanan

Terdampak Jembatan yang Roboh di Brebes, KAI Daop 6 Ubah Rute Perjalanan

PT KAI terpaksa mengubah rute perjalanan kereta api (KA) pascarobohnya jembatan KA di Brebes, Jawa Tengah sebab banjir bandang, Senin (11/01/21) malam. Perubahan rute dilakukan sebab bencana alam berikut mengganggu perjalanan KA di Lintas Daop 5 Purwokerto di Jembatan KA pada Stasiun Linggapura – Bumiayu.

Sejumlah KA pun pada akhirnya mengalami keterlambatan perjalanan. Diantaranya KA Argo Lawu, relasi Gambir – Solo yang terlambat 25 menit berasal dari jadwal pukul 05.28 WIB.

Selain itu KA Gajayana, relasi Gambir-Malang yang masuk Solo pukul 05.48 WIB. Jadwal ini mengalami keterlambatan 213 menit berasal dari jadwal pada mulanya pukul 02.54 WIB. Sedangkan KA Mataram, relasi Pasarsenen- Solobalapan terhitung mengalami keterlambatan 37 menit sebab masuk ke Solo baru pukul 06.27 WIB.

“Telah berjalan Gangguan perjalanan KA, yang berdampak sebagian KA perlu dilakukan perubahan pola operasi”, papar Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto sementara dikonfirmasi, Selasa (12/01/2021).

Menurut Supriyanto, sejumlah pola operasi dibuat untuk mengalihkan jalur kereta yang roboh . Salah satunya dengan memutar perjalanan KA melalui stasiun Semarang – Gundih – Solo.

Untuk perjalanan KA Ranggajati relasi Cirebon – Jember pada Selasa pagi ini terhitung terpaksa memutar berasal dari Cirebon – Semarang – Gundih – Solobalapan. Penumpang KA Ranggajati berasal dari Yogyakarta – Klaten dinaikkan terlebih daulu memanfaatkan KA Prameks menuju Solobalapan.

Perubahan rute terhitung berjalan untuk relasi KA berasal dari Jakarta -Yogyakarta. Misalnya KA Taksaka yang perlu memutar lewat Semarang – Gundih – Solo. Rata-rata keterlambatan kehadiran KA akibat bencana berikut lebih kurang 70 menit.

“Saat ini taksaka telah masuk Yogyakarta 07.53 WIB, terlambat 70 menit. Untuk penumpang target Yogyakarta diantar hingga target akhir,” ujarnya.

Supriyanto mengemukakan keinginan maaf atas ketidaknyamanan problem perjalanan KA tersebut. Perubahan rute dilakukan sebab KAI senantiasa menekankan keselamatan dan keamanan perjalanan KA, terhitung penumpang dan barang yang diangkutnya.

Meski tersedia perubahan rute, Supriyanto meminta penumpang senantiasa mematuhi protokol kesegaran dalam rangka pencegahan penyebaran virus COVID-19. Sejumlah aturan senantiasa diberlakukan layaknya rapid antigen, Mengenakan masker dan faceshield dan duduk berjarak.

“Untuk kapasitas penumpang, kita senantiasa menentukan maksimal 70 persen, hingga sementara ini belum tersedia perubahan,” paparnya.

Sebagai informasi, jembatan KA roboh diterjang banjir bandang di atas Sungai Glagah, Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah pada Senin Malam. Jembatan yang roboh terdapat di sisi barat jalur rel ganda Prupuk – Bumiayu. Jembatan rangka baja selama 300 meter di sisi barat ini roboh di dua ujungnya yang membuat rel KA menggantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *