Kamis (1/4), Gunung Sinabung Erupsi, Berstatus Level III (Siaga)

Kamis (1/4), Gunung Sinabung Erupsi, Berstatus Level III (Siaga)

mizanurrahmankismot – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara mengatakan Gunung Sinabung erupsi pukul 13.41 pada Kamis (1/4). Hal ini dapat dibuktikan dengan longsoran awan panas teramati dengan jarak 500 meter di atas puncak.

Kamis (1/4), Gunung Sinabung Erupsi, Berstatus Level III (Siaga)

Natanail Warin-Angin, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBD) Kabupaten Karo, mengatakan: “Pada saat yang sama, kolom abu terlihat berwarna abu-abu dan intensitasnya cenderung ke timur laut dan timur.”

Natanail mengungkapkan, letusan gunung di ketinggian 2.960 meter tercatat di peta seismik, dengan amplitudo maksimum 88 mm dan durasi sekitar 43 detik.

Saat ini, atas anjuran warga dan petani, Gunung Sinabung dalam keadaan level III (Siaga). Warga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi warganya dan dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung. .

Selain itu, radius tenggara adalah 5 kilometer, dan radius timur laut adalah 4 kilometer.

Natanail juga mengingatkan, jika ada abu pada saat hujan, disarankan masyarakat memakai masker saat keluar rumah untuk mengurangi dampaknya bagi kesehatan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *