Disebut Tak Layak Pakai, Gedung Utama Kejagung Jaksel Dirobohkan

Disebut Tak Layak Pakai, Gedung Utama Kejagung Jaksel Dirobohkan

mizanurrahmankismot – Setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani menyetujui prosedur tersebut pada Selasa (30/3), Kejaksaan Agung mulai merobohkan gedung induk yang terbakar pada Agustus 2020.

Disebut Tak Layak Pakai, Gedung Utama Kejagung Jaksel Dirobohkan

Karena gedung Kejaksaan Agung adalah milik nasional yang terdaftar di Administrasi Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Republik Indonesia, diperlukan persetujuan.

Menurut Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Kepala Kejaksaan Agung Pusat Informasi Hukum (Kapuspenkum), pembongkaran tersebut membuat gedung tersebut tidak bisa direnovasi.

Leonard dalam keterangan tertulisnya mengatakan: “Pembongkaran Kantor Kejaksaan Agung telah mendapat persetujuan Menteri Keuangan Republik Indonesia untuk pembongkaran dan penjualan bangunan yang sudah dibongkar.”

Pekerjaan pembongkaran dilakukan setelah mendapat analisis dari tim Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dia mengatakan, dalam kasus ini, gedung tersebut dianggap tidak layak pakai kembali setelah sempat terbakar tahun lalu. Diduga, pembongkaran gedung tersebut tidak akan mengganggu tugas bisnis kantor penegak hukum.

Dia berkata: “Bangunan itu tidak dapat digunakan kembali, jadi bangunan itu harus dibongkar.”

Ia menambahkan: “Dalam pembongkaran gedung utama Kejaksaan Agung, sistem safety produksi dan keamanan (K3) harus dipatuhi, dan tugas operasional Kejaksaan tidak boleh diganggu.”

Gedung Kejaksaan Agung yang terletak di No. 1, Jalan Sultan Hasanuddin Dalam, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, terbakar pada Sabtu (22/8) malam. Api baru bisa dipadamkan keesokan harinya.

Alhasil, aparat mengusulkan tambahan Rp 400 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 untuk rekonstruksi gedung.

Diperkirakan kerusakan akibat kebakaran pada gedung-gedung besar mencapai Rp1,1 triliun. Jumlah tersebut termasuk dua jenis kerugian yaitu bangunan dan barang lain yang ada di dalam bangunan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *