Black Box CVR Milik Pesawat Sriwijaya SJ 182 Sudah Ditemukan

Black Box CVR Milik Pesawat Sriwijaya SJ 182 Sudah Ditemukan

mizanurrahmankismot – Diketahui, Kotak hitam atau black box Cockpit Voice Recorder (CVR) milik Sriwijaya Air SJ 182 jatuh pada 9 Januari 2021. Kementerian Perhubungan membenarkan penemuan black box CVR tersebut pada Rabu (31/3).

Black Box CVR Milik Sriwijaya SJ 182 Sudah Ditemukan

Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam pesan singkat yang dikirimkan, Rabu (31/3), mengatakan: “CVR sudah ditemukan.”

Adita tidak menjelaskan detail waktu penemuan dan hasil telaah data CVR Sriwijaya SJ 182. Ia meminta masyarakat menunggu penjelasan lengkap dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono melalui konferensi pers.

Dia menambahkan: “Itu akan diumumkan pukul 11.00 WIB nanti.”

Black box atau kotak hitam merupakan istilah umum yang digunakan dalam industri penerbangan untuk merekam data saat pesawat terbang sedang terbang. Meskipun disebut kotak hitam, kotak hitam tersebut sebenarnya dibungkus dengan warna-warna terang menyala atau warna-warna cerah untuk memudahkan identifikasi dalam operasi pencarian.

Kotak hitam terdiri dari dua kombinasi peralatan, yaitu CVR (perekam suara kokpit) atau dialog di dalam kokpit pesawat, dan FDR (Cockpit Voice Recorder) atau perekam data penerbangan.

Sejauh ini, tim pencari baru berhasil menemukan kotak hitam FDR Sriwijaya Air SJ 182. Kotak hitam FDR ditemukan pada 12 Januari atau 3 hari setelah SJ 182 jatuh.

Sriwijaya Air SJ 182 mengalami kecelakaan pada Sabtu (9/1) lalu lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta. Pesawat tersebut awalnya menuju Bandara Supadio di Pontianak, Kalimantan Barat.

Pesawat itu membawa 50 penumpang dan 12 awak pesawat. Semua penumpang dan awak dinyatakan tewas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *